Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LDII Pamekasan Gelar Workshop Penguatan Kompetensi Bimbingan Konseling


DPD LDII Kab. Pamekasan menggelar workshop wanita tentang "Penguatan Kompetensi Tim Bimbingan Konseling Penggerak Pembina Generus Melalui Pelatihan Keterampilan Dasar Konseling". Workshop tersebut dilaksanakan pada Minggu, 30 Juli 2023 bertempat di lantai satu Masjid Nurul Huda, Desa Bunder Kab. Pamekasan. Acara tersebut diikuti oleh perwakilan 2 orang utusan dari masing-masing PC dan PAC LDII se-Kabupaten Pamekasan dan Sampang.

Terdapat 3 narasumber yang mengisi acara tersebut, yaitu Emmy Andayani, Nur Malika Saraswati dari Pengurus Pemberdayaan Wanita dan Kesejahteraan Keluarga Pamekasan dan Sampang serta Hj. Nuraini dari Tim Bimbingan Konseling Penggerak Pembina Generus Pamekasan.

Materi yang disampaikan cukup menarik meliputi cara mengatasi permasalahan yang sering muncul dalam keluarga, teknik dasar serta manfaat konseling, hingga peran penting bimbingan konseling dalam perspektif islam juga dikupas tuntas dalam workshop tersebut.

Hj. Nuraini sebagai narasumber menyampaikan, dalam proses konseling, konselor mengawali dengan menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu. Dapat memberikan ruang bagi klien untuk menceritakan semua permasalahannya.

"Konselor yang mempunyai kemampuan menjaga kerahasiaan informasi klien akan membuat klien terbuka. Kemapuan tersebut harus dimiliki oleh konselor," tambah Nur Malika.

"Setelah dilakukan proses konseling diharapkan setiap konflik yang terjadi, klien terbuka menyampaikan solusi dari sudut pandangnya terlebih dahulu. Baru kemudian konselor mengarahkan dan membantu mencari pilihan pemecahan masalah yang dialami bukan menginterfensi diri klien", tegas Emmy Andayani menutup acara workshop Seminar Wanita Penguatan Kompetensi Tim BK.

1 komentar untuk "LDII Pamekasan Gelar Workshop Penguatan Kompetensi Bimbingan Konseling"