Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

𝗦𝗘𝗡𝗞𝗢𝗠 𝗠𝗶𝘁𝗿𝗮 𝗣𝗼𝗹𝗿𝗶 𝗕𝗲𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗺𝗯𝗲𝗸𝗮𝗹𝗮𝗻 𝗣𝗮𝗱𝗮 𝗥𝗮𝘁𝘂𝘀𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗺𝘂𝗱𝗮 𝗟𝗗𝗜𝗜 𝗣𝗮𝗺𝗲𝗸𝗮𝘀𝗮𝗻


Pamekasan (2/7)
- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kabupaten Pamekasan Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para pemuda.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu, 2 Juli 2023 bertempat di Masjid Luhur Ceguk. Dan diikuti lebih dari 100 peserta. Mereka semua adalah pemuda binaan LDII se Kabupaten Pamekasan.

Pada kesempatan kali ini, DPD LDII Kabupaten Pamekasan bekerjasama dengan SENKOM Mitra Polri Pamekasan untuk memberikan pembekalan dalam kegiatan LDK tersebut. Adapun narasumber acara terdiri dari Ketua DPD LDII Pamekasan M. Bakir, Sekretaris DPD Mohammad Arif dan Erfan Iswantoro dari pengurus SENKOM Mitra Polri Pamekasan.

Materi pertama tentang organisasi dan prinsip kepemimpinan disampaikan langsung oleh ketua DPD LDII kabupaten Pamekasan. "Seorang pemimpin harus lebih banyak memberikan keteladan. Jika itu tidak dilakukan maka hilanglah kewibawaan seorang pemimpin,” tegas M. Bakir.

Materi kedua disampaikan oleh Mohammad Arif tentang Dasar-Dasar Kesekretariatan, peran dan tugasnya. "Kesekretariatan, sekretariat dan sekretaris adalah penunjang pokok dari pergerakan suatu organisasi," ucap Sekretaris DPD itu. "Dan peran penting lainnya dari sekretaris adalah ia sebagai pemegang rahasia sebuah perusahaan,” imbuhnya.

Arif berharap LDK seperti ini tidak hanya sekali dilakukan tapi berkelanjutan. Sehingga selain menjadi sarana yang efektif dalam membentuk pemuda yang memiliki karakter, kegiatan ini juga dalam rangka pembinaan mental, dan spiritual yang kuat.

Adapun materi terakhir disampaikan oleh Erfan Iswantoro dari pengurus SENKOM Mitra Polri Pamekasan tentang Ketertiban dan Kedisiplinan. Hal yang mudah diucapkan tapi sulit untuk dipraktekkan. "Hampir semua aspek dalam kehidupan ini ada nilai-nilai Ketertiban dan Kedisiplinannya. Karena jika itu tidak ada, maka semua akan liar. Sikap disiplin dapat dipelajari dan dilatih. Dan bisa dimulai dari hal kecil dan dari diri sendiri terlebih dahulu," tegasnya.

"Pemimpin hebat itu tidak dilahirkan, namun mereka dibentuk. Dengan cara belajar, belajar dan terus belajar,” imbuh Erfan. Lebih lanjut dalam paparannya, Sekretaris Senkom Mitra Polri kabupaten Pamekasan ini menuturkan bahwa kepemimpinan yang berhasil itu membutuhkan keteladanan.

Susan yang menjadi salah satu peserta menyampaikan bahwa ia merasa senang dengan adanya kegiatan ini karena generasi muda menjadi semakin paham dan mengerti pentingnya memahami berorganisasi.

2 komentar untuk "𝗦𝗘𝗡𝗞𝗢𝗠 𝗠𝗶𝘁𝗿𝗮 𝗣𝗼𝗹𝗿𝗶 𝗕𝗲𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗺𝗯𝗲𝗸𝗮𝗹𝗮𝗻 𝗣𝗮𝗱𝗮 𝗥𝗮𝘁𝘂𝘀𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗺𝘂𝗱𝗮 𝗟𝗗𝗜𝗜 𝗣𝗮𝗺𝗲𝗸𝗮𝘀𝗮𝗻"