Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LDII bersama Kementerian Agama Pamekasan Lakukan Pemantauan Hilal di Observaturium IAIN Madura

Pamekasan (20/4) - Kementerian Agama Kab. Pamekasan menggelar kegiatan rukyatul hilal dalam rangka penentuan 1 Syawal 1444 H di Gedung Observaturium Jokotole IAIN Madura pada tanggal 20 April 2023. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah ormas islam, tokoh agama serta civitas akademika dari perguruan tinggi yang ada di Kab. Pamekasan.

Sekretaris DPD LDII Pamekasan Mohamad Arif menjelaskan bahwa LDII Pamekasan juga turut serta ambil bagian dalam kegiatan rukyatul hilal tersebut dengan mengirimkan tim yang sudah dilatih dan diberi pengarahan terkait proses pengamatan hilal dengan disertai teknologi yang sudah ada saat ini.

Seperti yang disampaikan oleh ketua umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso saat acara pelatihan  rukyatul hilal di Jakarta, mengatakan bahwa teknologi saat ini sudah memudahkan pengamat hilal. Permasalahannya, bagaimana mereka bisa mengamati di titik yang tepat. Lalu memperhatikan rentang tempat melihat. Saat ini cuaca begitu rawan hujan terus menerus. Kalau hilal tertutup, maka selesai karena hilal tidak bisa terlihat.

“Kita perlu memperbanyak tenaga yang lokasinya dari Sabang sampai Merauke. Harapannya memperbesar peluang melihat hilal. Maka pengamat hilal harus punya pengalaman, bukan sekedar ilmu dan menghitung. Ini adalah keahlian yang terus menerus,” katanya.

Ia juga mengatakan kemampuan menyaksikan hilal bukan sekedar punya alat yang canggih. Jangan sampai hilal sudah terlihat, tapi karena masalah kemampuan akhirnya juga tidak bisa melihat,

Dalam kesempatan tersebut, pihak Kementerian Agama Kab. Pamekasan menyampaikan ucapan terima kasih kepada LDII yang telah bergabung dan turut serta dalam acara pemantauan hilal. Kehadiran LDII dan tim rukyatul hilal juga memberikan kontribusi positif dalam penentuan awal bulan syawal. (ir)

Posting Komentar untuk "LDII bersama Kementerian Agama Pamekasan Lakukan Pemantauan Hilal di Observaturium IAIN Madura"