Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warga LDII Lakukan Gerakan Menanam Pohon di Kawasan Sekitar Stadion Ratu Pamelingan Kab. Pamekasan


Pamekasan (30/01)
- DPD LDII Kab. Pamekasan melalui Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, bekerjasama dengan Dinas Kehutanan wilayah kerja Madura serta PJ Kepala Desa Ceguk, melaksanakan Gerakan Menanam Pohon pada Minggu, 30 Januari 2022. Kegiatan ini merupakan aksi penghijauan lanjutan yang sebelumnya telah dilaksanakan aksi penanaman pohon di sepanjang Jalan Raya Pademawu. 

Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan di lahan seluas setengah hektar yang terletak di kawasan sekitar Stadion Ratu Pamelingan Desa Ceguk Kecamatan Tlanakan. Lokasi tersebut dipilih karena kawasan Stadion Ratu Pamelingan merupakan salah satu ikon dari Kab. Pamekasan. Dimana lokasi tersebut sering digunakan untuk menggelar kegiatan-kegiatan bertajuk olahraga. Sehingga kebutuhan akan ruang terbuka hijau sangat penting untuk menjadikan ekosistem yang sehat bagi masyarakat yang beraktifitas di kawasan stadion tersebut.

Dalam sambutannya, ketua DPD LDII Pamekasan M. Bakir menyampaikan bahwa "Gerakan yang menjadi program kerja DPD LDII Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam ini merupakan bentuk perwujudan cinta terhadap lingkungan. Harapannya dengan kegiatan penghijauan ini dapat meningkatkan kepedulian warga LDII terhadap lingkungan disekitarnya. Kegiatan seperti ini juga merupakan bagian dari dakwah bil hal”.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus harian LDII serta warga yang tinggal disekitar lokasi. Babinsa Desa Ceguk juga turut mengawal kegiatan penanaman pohon agar dapat berjalan dengan lancar. Sebanyak 200 bibit pohon jati (Tectona grandis) dipilih untuk ditanam di area tersebut karena pohon jati bernilai ekonomis dan juga kokoh sehingga diharapkan dapat tumbuh dengan baik. Bibit pohon jati yang digunakan berasal dari benih yang telah lolos uji sertifikasi dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.


Kepala Seksi RLPM (Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat) Cabang Dinas Kehutanan wilayah Sumenep, Agung Katri Atmodjo mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini. “Kerusakan lingkungan yang terjadi di bumi ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Maka dari itu kita harus memulai dan terus menjaga kelestarian lingkungan disekitar kita”, ujarnya. Ia juga menyampaikan bahwa banyak hal lain yang juga bisa kita lakukan sebagai bentuk peduli lingkungan. Tidak hanya dengan menanam pohon, tapi bisa juga dengan aksi sederhana SABER (Sapu Bersih Sampah Berserakan) di fasilitas-fasilitas umum, area gor dan lain sebagainya.

Pj Kepala Desa Ceguk, Sanoji mengaku, pihaknya juga sangat mendukung dan mengapresiasi Gerakan Menanam Pohon yang dilakukan oleh warga LDII. Ia berharap kegiatan pelestarian lingkungan yang dilaksanakan warga LDII ini dapat menjadi contoh positif serta dapat terus ditingkatkan dikemudian hari. (Dewi)

Posting Komentar untuk "Warga LDII Lakukan Gerakan Menanam Pohon di Kawasan Sekitar Stadion Ratu Pamelingan Kab. Pamekasan"