Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringati Hari Bumi, LDII Tanam Pohon Menuju Pamekasan Sehat


Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2019, Pimpinan Cabang LDII Pademawu bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Forum Pamekasan Sehat dan Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO) mengadakan kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di sepanjang Jalan Raya Pademawu Pamekasan. Acara yang juga dihadiri oleh Camat Pademawu ini dilaksanakan pada hari Minggu, 21 April 2019 dan diikuti sekitar 50 orang remaja PC LDII Pademawu yang tergabung dalam kelompok Remaja Cinta Alam Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Fathorrachman selaku Camat Pademawu mengapresiasi kegiatan ini dan berpesan “Semua masyarakat harus bergerak dengan ikut membantu mensukseskan program Pamekasan Sehat yang selalu didengungkan oleh Bapak Bupati kita, mewujudkan Pamekasan yang sehat, lingkungan juga yang sehat, dan tentunya ya masyarakatnya juga harus sehat. Dimulai dari lingkungan kecil, memulai dari yang sedikit, kita getok tularkan ke desa-desa yang lain.”. Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur melalui Kepala Seksi Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat wilayah madura, Agung Katri Atmodjo juga berpesan pada masyarakat agar menyadari eksplorasi tanaman seharusnya diimbangi dengan rehabilitasi pohon dan pemerintah setempat peduli serta melibatkan berbagai pihak termasuk organisasi LDII.


Lebih lanjut, Agung menjelaskan alasan pemilihan pohon mahoni yang ditanam ini dikarenakan struktur dari pohon mahoni yang tumbuh keatas dan memiliki nilai ekonomis tertinggi ke 2 (dua) setelah pohon jati sehingga dirasa tepat bila bibit pohon ini yg dipilih dalam kegiatan penghijauan di sepanjang jalan Raya Pademawu.


Penanaman pohon perlu dilakukan guna menghasilkan lebih banyak oksigen di bumi dan menekan terjadinya pemanasan global yang semakin parah belakangan ini. Ini juga sebagai bentuk komitmen LDII dalam menerapkan konsep Green Dakwah, yang menyelaraskan ibadah dan pelestarian alam lingkungan sekitar. Setyo Budi Winarno selaku ketua DPD LDII Pamekasan yang menjadi leading sector kegiatan ini berharap, nantinya pohon yang ditanam ini dapat tumbuh dan berkembang sehingga sepanjang jalan utama menuju kawasan wisata Pantai Jumiang yang juga terletak di Kec. Pademawu ini bisa rindang sehingga menambah keindahan alam di sepanjang Jalan Raya Pademawu, Pamekasan. (Ika)

Posting Komentar untuk "Peringati Hari Bumi, LDII Tanam Pohon Menuju Pamekasan Sehat"