Senin, 27 Agustus 2018

LDII Ajarkan Peran Orang Tua dalam Pembinaan Keluarga di Era Digital


Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Timur menggelar seminar wanita tentang pembinaan keluarga pada era digital yang dihadiri oleh gubernur Jatim terpilih Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansah, penggiat pendidikan Dra. Hj. Nana Basnah Prasetyo M.Si dan dan ketua DPW LDII Jawa Timur Drs. H. Amien Adhy di Surabaya pada hari Minggu tanggal 26 Agustus 2018 di di Aula Ponpes Sabilurrosidin, Surabaya. Kegiatan ini ini dihadiri sebanyak 250 peserta utusan dari DPD LDII se-Jawa Timur serta Ponpes binaan LDII.

Ketua DPW LDII Jawa Timur Amien Adhy, mengatakan pembinaan generasi muda di LDII terus dilakukan mulai di usia dini hingga dewasa. Dalam pembinaan generasi muda, tentunya diawali dari keluarga. Oleh karena itu, DPW LDII mengundang ibu-ibu dalam seminar ini.

“Pembinaan generasi muda LDII memiliki program Tri Sukses yang selalu digaungkan. Yang pertama adalah akhlakul karimah, yang kedua adalah faham terhadap agama, dan mandiri. Generasi muda saat ini diberikan pembinaan kemandirian dalam era digital, supaya generasi muda memiliki keterampilan lebih untuk menghadapi dunia kerja,” kata Amien.

"Kini anak- anak dibesarkan dengan pengaruh gadget (begitu kuatnya-red). Mereka harus mendapatkan pendidikan dan pengasuhan dari orang tua yang baik. Jikalau tidak, nantinya anak-anak bisa kebablasan ke mana-mana. Hal itu tidak kita kehendaki," ujarnya.

Sementara itu, penggiat pendidikan serta pakar Psikologi DPP LDII, Dra. Hj. Nana Baznah Prasetyo M.Si mengatakan, untuk mendidik dan mengasuh anak ke depan, sudah tidak bisa menggunakan pola asuh lama.


"Bapak dan ibu diharapkan melakukan pengasuhan positif di era digital ini," pintanya.

Anak-anak cenderung lebih banyak bersentuhan dan bermain dengan gadget , dibandingkan dengan berhubungan dengan orang tuanya. Makanya, perlu pengasuhan positif.

Ada kekhawatiran dari para orang tua, anak-anak mencari hal-hal atau konten-konten yang tidak sesuai norma agama dan sosial. Sekadar hanya mencari situs untuk memenuhi hatinya (konten negatif).

6 komentar:

  1. Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali untuk pembinaan keluarga di Indonesia

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah.......betapa pentingnya peran orang tua.

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat, terutama pada zaman digital seperti sekarang 👍👍🙏

    BalasHapus
  4. Gak sabar nunggu materinya disampaikan. hehehe bisa buat bekal...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, isinya bagus. Salah satunya para orang tua diberi tahu, diarahkan, kemudian dibimbing cara mengasuh anak di era digital seperti sekarang ini.

    BalasHapus